5 Teknologi Yang Ditemukan Oleh Darpa



DARPA merupakan singkatan dari Defense Advanced Research Projects Agency yang merupakan badan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk pengembangan baru yang digunakan oleh militer. DARPA berdiri di Amerika sejak tahun 1958 yang saat itu mempunyai misi untuk mencegah perkembangan teknologi Uni Soviet. Saat ini DARPA telah menciptakan beberapa perangkat canggih yang mempunyai fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Berikut 5 Teknologi yang Ditemukan Oleh DARPA:

1. Internet






Salah satu penemuan terbesar DARPA adalah internet yang saat ini digunakan oleh setiap negara di dunia untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain. Pada tahun 1975, DARPA menyatakan proyek internet sukses dan Komunikasi Badan Pertahanan mengambil alih pengelolaannya. Pada tahun 1980 sebagian besar protokol yang saat ini kita gunakan seperti TCP dan IP mulai berjalan stabil dan diterapkan di seluruh ARPANET pada tahun 1983.

2. GPS



Global Positioning System atau yang kita kenal dengan GPS merpakan penemuan besar DARPA selanjutnya. Teknologi ini merupakan pelacak sebuah lokasi dan posisi yang juga berfungsi sebagai sistem navigasi. Saat ini GPS telah banyak digunakan pada perangkat komputer dan handphone.

3. Speech translation



Alat ini mempunyai fungsi yang luar biasa dan mampu menggantikan seorang penerjemah ahli. Speech translation merupakan gadget yang berfungsi sebagai penerjemah bahasa melalui suara yang keluar dari vokal manusia. Saat ini sudah banyak bahasa yang dapat diterjemahkan oleh penemuan DARPA ini. Badan Perserikatan Bangsa Bangsa merupakan organisasi terbesar yang menggunakan jasa gadget ini.

4. Z-man



Ini merupakan proyek DARPA yang diharapkan mampu membantu militer dalam melakukan penyelidikan dengan cara Z-man adalah sebuah robot yang dapat berjalan di permukaan dinding dan atap bangunan. Penemuan ini membantu para intelegent dalam memata-matai dan melakukan serangan bom karena kelebihannya tidak dapat dilakukan oleh manusia. Robot ini terinspirasi dari makhluk kecil seperti laba-laba dan cicak yang handal baik berjalan maupun berlari di dinding.

5. Robot Cars



Teknologi DARPA di dunia otomotif ridak kalah hebat, DARPA menciptakan mobil driveless atau mobil robot tanpa roda. Selain itu mobil ini juga dapat mengemudi otomatis sesuai dengan data lokasi yang kita kirimkan, apabila di depan terdapat mobil lain atau benda yang menghalangi, mobil ini otomatis menghindar karena beberapa sensor yang bekerja dengan baik.

Follow On Twitter