Kenali Penyebab Kerusakan Kompresor Ac



Kenali Penyebab Kerusakan Kompresor AC



Jakarta Rata-rata usia komponen kompresor pada AC mobil sekitar lima sampai sepuluh tahun. Namun ada kalanya usia pakai kompresor bisa lebih singkat. Lho, kenapa bisa? Nah, lebih baik kenali penyebab kerusakannya.

Selain karena faktor usia, ada beberapa penyebab yang membuat kompresor AC cepat rusak. Diantaranya, pemasangan tali kipas yang terlalu kencang, atau akibat menumpuknya kotoran pada blower yang membuat kerja evaporator dan kompresor menjadi berat, papar Sumarso dari Marso AC di Jl. Lapangan Tembak No. 1, Cibubur, Jaktim.

Dirinya menambahkan jika terkadang kerusakan datang dari kebiasaan pengguna mobil yang cuek untuk memperhatikan cara kerja AC.

Yang sering ditemui adalah pengguna mobil yang mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC. Sehingga saat kunci mobil baru di posisi ON, angin AC telah berhembus. Meski terlihat simpel, tapi kebiasaan seperti ini turut mempercepat usia kompresor, urai pria ramah ini.

Disamping itu, faktor yang paling cepat membuat rusak piranti yang berfungsi memberikan tekanan pada zat pendingin agar bersikulasi pada sistem AC ini adalah adanya kebocoran pada selang freon.

Biasanya pengguna baru paham jika selangnya bocor saat mobil bolak-balik minta diisi Freon karena kabinnya kurang adem,

Follow On Twitter